Skip to main content

[Search Console Insight] Update Terbaru Google Bagi Para Content Creator

Dibulan Agustus 2020 ini sepertinya kita banyak kabar gembira yang kita dapatkan. Setelah Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75 dan rumor vaksin COVID-19 yang akan segera rilis. Google juga memberi kabar bagus bagi para konten kreator, terutama Blogger, Web Developer dan para pebisnis online.

Dilansir dari tweet Google Webmaster, mereka mengatakan bahwa akan merilis pengalaman baru untuk penguji beta di Search Console Insight. Hal ini membantu memberikan keputusan yang tepat bagi para konten kreator untuk meningkatkan kualitas kontennya.

Twitter Google Webmaster:

Hint

Terus Apasih Search Console Insight itu ?

Search Console Insight adalah fitur atau pengalaman baru yang disediakan untuk content creator dan content publisher agar membantu mereka memahami konten yang disukai audiens dan bagaimana cara audiens menemukan konten/situs mereka. Fitur ini sudah didukung oleh Search Console dan Google Analytic.

Bagaimana Cara Kerja Search Console Insight ini ?

Sama seperti penjelasan di atas, fitur ini bisa membantu kalian mengoptimasi konten, seperti :

  1. Perfoma konten kalian, mungkin bisa laporan harian, mingguan, bulanan dan seterrusnya.
  2. Konten terbaik yang kalian buat dan kalian publish.
  3. Memberi tahu cara orang menemukan konten/situs kalian. Entah organik, sosial, direct ataupun referal.
  4. Mengetahui queri atau kata kunci yang sedang populer dikonten/situs kalian dan apa saja yang lagi trending di Google Pencarian.
  5. Situs apasaja yang tertaut dan menautkan link di konten/situs kalian. Mungkin boleh disebut inbound link dan outbond link (backlink).

Bagaimana Cara Akses Search Console Insight ?

Namun sayangnya fitur ini masih beta, yaitu masih dalam tahap pengujian dan hanya beberapa orang saja yang ekslusif di invite lewat email. Jadi sabar dulu dan tunggu rilis full versionnya.

Jika kalian sudah mendapat email dan menjadi salah satu pengguna beta fitur ini. Kalian bisa mengaksenya melalui :

  1. Akses langsung dari link yang didapat dari email penguji beta.
  2. Silahkan telusuri “insight search console” di Google dan klik hasil yang relevan. Hasil tersebut akan tertaut ke halaman ini.
  3. Akses dari fitur Search Console di hasil penelusuran. Carilah situs yang sudah terdaftar sebagai penguji beta. Dan lihat dibawahnya. Hasil itu berisi link masuk ke Insight Search Console.
Hanya seperti ini info yang saya terima dari twitter Google Webmaster. Untuk update dan rilis full versionya, kita tunggu saja dengan sabar. Karena saja juga ga dapat emailnya juga. heheehhee...😄😜

Sumber : https://twitter.com/googlewmc

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar