Skip to main content

Cara Unhide/Hide Sheet Microsoft Excel Sekaligus

Di artikel kali ini saya akan membagikan sebuah tips bagi Anda yang masih atau dipaksa menggunakan Microsoft Excel. Walaupun terbilang tips receh namun mempunyai highly impact bagi personal branding Anda 😜

Dengan menggunakan tips ini, saya jamin rekan kerja Anda akan bilang WOW!! dan menganggap Anda jago Excel (bangun woii !!!). Disisi lain pekerjaan Anda juga akan lebih cepat selesai. Apalagi bagi Anda yang menggunakan banyak sheet dalam satu dokumen file Excel.

Ditinjau dari translasi kata nya, Unhide berarti menampikan sedangkan Hide berarti menyembunyikan. Dari fungsinya, sebenarnya keduanya tidak terlalu penting sih. Hanya untuk menyembunyikan sheet yang tidak dipakai tapi masih terlalu sayang untuk menghapusnya, jadi suatu saat bisa kita tampilkan kembali ketika kita butuh.

Hide

Untuk menyembunyikan sheet pada dokumen Excel, saya akan membaginya menjadi 3 cara atau saya lebih menyukai menggunakan kata mode, biar terlihat keren saja sih.

1. Mode Normal

Seperti yang terlihat pada gambar diatas. Mode yang normal ini terbilang sangat mudah dan Anda sepertinya juga sudah tahu. yaitu arahkan kursor Anda ke sheet yang ingin di sembunyikan, setelah itu klik kanan dan pilih Hide. Maka dengan sendirinya sheet tadi akan disembunyikan secara ajaib oleh Microsoft Excel.

2. Mode Bulk Sequence

Pada mode ini, memungkinkan Anda memilih banyak sheet yang akan disembunyikan sekaligus namun secara berurutan, misal sheet1, sheet2, sheet3 dan seterusnya. Cara ini juga digunakan untuk sequence grouping pada beberapa sheet di Excel.

Caranya: Klik sheet pertama yang akan Anda sembunyikan dan tekan tombol Shift kemudian arahkan kursor ke akhir sheet yang akan Anda sembunyikan. Setelah semua terseleksi atau menjadi grup, klik kanan dan pilih Hide. As simple as that.

2. Mode Bulk Randomize

Caranya hampir sama dengan mode bulk sequence, tapi dalam mode ini kita bisa meilih beberapa sheet sekaligus secara acak. Keren kan?!

Tekan CTRL pada keyboard Anda dan mulailah memilih sheet mana saja yang akan Anda sembunyikan. Kemudian klik kanan dan pilih Hide. And done.

Baca Juga: Cara Auto Numbering Di Microsoft Excel

UnHide

Untuk menampilkan sheet yang sudah kita sembunyikan, tentu Anda juga sudah tahu, yaitu klik kanan pada sheet bar dan pilih Unhide. Tapi coba bayangkan jika sheet yang Anda sembunyikan banyak. Gak mungkin donk Anda Unhide satu persatu, alih-alih keriting jari Anda dan memakan banyak waktu.

Nahh.. Saya punya solusi mudah dan cukup keren yang bisa Anda coba, yaitu menggunakan Microsoft Visual Basic. Pada artikel Cara Membuka Password File Excel kemarin sudah saya jelaskan langkah-langkah untuk masuk ke Microsoft Visual Basic.

Seperti biasanya, masukkan kode dibawah ini di form Module.

Sub BukaSheet()
Dim buka As Worksheet
For Each buka In Worksheets
buka.Visible = xlSheetVisible
Next buka
End Sub

Setelah Anda paste ke form module klik Run atau tekan F5. Dan close jendela Microsoft Visual Basicnya, maka dengan ajaib semua sheet yang Anda sembunyikan tadi menjadi terlihat dan silahkan lanjutkan rutinitas Anda.

Sumber Gambar: Dokumen Pribadi

  1. Screenshoot Microsoft Excel 2020 (Template Monthly Budget Company)
  2. Edited with Adobe Photoshop CC 2020
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar