Skip to main content

Follow Us


Haii sobat Hendra Surya.COM ...
Setelah beberapa hari tidak update blog ini dikarenakan banyak sekali kesibukan didunia nyata heheehhee ...
Nahh.. pada kesempatan ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang sejarah perkembangan jaringan komputer atau internet yang pada artikel kemarin kita sudah sampai pada bab ARPANET.
Sejujurnya memang agak gampang-gampang susah mencari artikel atau jurnal tentang ini, karena memang sejarah perkembangan komputer agak sedkit yang membahas, kalau pun ada itu hanya setengah-setengah dan kurang lengkap.
Berhubung banyak request dari teman teman di Linkedin dan adik-adik sekolah yang kebetulan tetangga rumah (mungkin dipakai untuk tugas sekolah), ya sebisanya akan saya lanjutkan pembahasan ini .

2. NSFNET

NSFNET adalah singkatan dari National Science Foundation Network yang merupakan sebuah jaringan dari National Science Foundation yang dibentuk oleh Pemerintah Amerika Serikat pada akhir tahun 1970 untuk bidang penelitian dan pendidikan. NSFNET juga inilah yang dahulu pernah menggantikan ARPANET sebagai server Internet sebelum kemudian digantikan oleh pihak swasta komersial.

Pada tahun 1984 NSFNET merancang sebuah jaringan kecepatan tinggi yang dibuka untuk semua bidang riset universitas di Amerika. Jaringan ini pulalah yang kemudian ditetapkan sebagai pengganti ARPANET. Untuk mewujudkan rencana tersebut, NSFNET kemudian membangun sebuah jaringan server yang menghubungkan enam pusat super komputernya di San Diego, Boulder, Champaign, Pittsburgh, Ithaca dan Princeton.
Masing-masing dari super komputer tersebut diberi sebuah mikro komputer yang biasa disebut fuzzball. NSFNET juga membiayai sekitar 20 jaringan regional yang dihubungkan ke server agar memungkinkan bagi para pengguna di ribuan universitas, laboratorium, perpustakaan dan museum untuk mengakses superkomputer-superkomputer itu dan berkomunikasi satu dengan yang lainnya. NSFNET berhasil memperoleh kesuksesan dalam waktu yang relatif singkat namun juga memperoleh beban yang berlebihan.

Mari kita simak runtutan peristiwa sejarahnya ...

Setelah ARPANET sudah beroperasi dan berjalan selama beberapa tahun, ARPA mencari lembaga lain untuk menyerahkan jaringan atau server. Misi utama ARPA adalah pengembangan, penelitian dan riset tapi tidak menjalankan utilitas komunikasi. Akhirnya, pada bulan Juli 1975, jaringan telah diserahkan kepada Badan Pertahanan Komunikasi, yang merupakan bagian dari Departemen Pertahanan. Pada tahun 1983, bagian militer AS dari ARPANET dipecah sebagai jaringan yang terpisah, MILNET. MILNET kemudian menjadi unclassified (hanya militer).
NIPRNET, secara paralel dengan RAHASIA SIPRNET tingkat dan JWICS untuk TOP SECRET dan di atas. NIPRNET tidak dikontrol gateway keamanan ke Internet umum.

Beberapa cabang lain dari pemerintah AS misalnya: Dinas Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA), National Science Foundation (NSF), dan Departemen Energi (DOE) menjadi sangat terlibat dalam penelitian web dan memulai pengembangan pengganti ARPANET. Pada pertengahan 1980-an, ketiga cabang tersebut dikembangkan pertama Wide Area Networks berdasarkan TCP/IP. NASA mengembangkan NASA Ilmu Jaringan, NSF dikembangkan CSNET dan berevolusi menjadi DOE Energi Ilmu Jaringan atau (ESNet.T3 Backbone NSFNET).

NASA mengembangkan Ilmu Jaringan berbasis TCP/IP (NSN) pada akhir 1980-an, yang menghubungkan jaringan terkoneksi untuk informasi yang tersimpan di mana saja di dunia. Pada tahun 1989, Space Fisika Analisis Jaringan DECnet berbasis (SPAN) dan NASA Ilmu Jaringan berbasis IP TCP/(NSN) dipertemukan di NASA Ames Research Center menciptakan jaringan luas multiprotocol pertama disebut NASA Ilmu Internet, atau NSI . NSI didirikan untuk menyediakan infrastruktur komunikasi yang benar-benar terintegrasi dengan komunitas ilmiah NASA untuk kemajuan bumi, ruang dan ilmu kehidupan. Sebagai kecepatan tinggi, multiprotocol, jaringan internasional, NSI disediakan konektivitas ke lebih dari 20.000 ilmuwan di seluruh tujuh benua.

Pada tahun 1981 NSF mendukung pengembangan Ilmu Komputer Jaringan (CSNET). CSNET terhubung dengan ARPANET menggunakan TCP/IP, dan berlari TCP/IP di atas X.25, tetapi juga didukung departemen tanpa sambungan jaringan yang canggih, dengan menggunakan mail trade otomatis dial-up.

Pengalaman dengan CSNET memimpin NSF untuk menggunakan TCP/IP ketika menciptakan NSFNET, 56 kbit/s spine didirikan pada tahun 1986, untuk mendukung pusat-pusat superkomputer NSF disponsori. NSFNET Project juga memberikan dukungan untuk terciptanya penelitian dan pendidikan jaringan local di Amerika Serikat dan untuk sambungan jaringan universitas dan kampus perguruan tinggi untuk jaringan local. Penggunaan NSFNET dan jaringan provincial tidak terbatas pada superkomputer penggunadan 56 kbit/s jaringan dengan cepat menjadi kelebihan beban. NSFNET ditingkatkan menjadi 1,5 Mbit/s pada tahun 1988 di bawah perjanjian kerja sama dengan Jaringan Merit dalam kemitraan dengan IBM,MCI, dan Negara Bagian Michigan. Keberadaan NSFNET dan penciptaan Internet Exchange government (perbaikan) memungkinkan ARPANET yang akan dinonaktifkan pada tahun 1990. NSFNET diperluas dan ditingkatkan menjadi 45 Mbit/s pada tahun 1991, dan telah dinonaktifkan pada tahun 1995 ketika ia digantikan oleh tulang punggung yang dioperasikan oleh beberapa komersial Internet Service Provider.

Transisi Menuju Jaringan Internet

Istilah “internet” diadopsi dalam RFC pertama kali diterbitkan pada protokol TCP (RFC 675: [33] Internet Transmission Control Program, Desember 1974) sebagai singkatan dari istilah internetworking dan kedua istilah yang digunakan secara bergantian. Secara umum, internet adalah jaringan yang menggunakan TCP / IP. Saat itu ketika ARPANET saling berhubungan dengan NSFNET di akhir 1980-an, bahwa istilah ini digunakan sebagai nama jaringan, internet dan menjadi jaringan TCP / IP yang besar dan global.

Sebagai jaringan yang sedang tumbuh dan aplikasi baru untuk dikembangkan, teknologi Internet tersebar di seluruh dunia. Pendekatan jaringan-agnostik di TCP/IP yang berarti bahwa itu mudah untuk menggunakan infrastruktur jaringan yang ada, seperti jaringan X.25 IPSS, untuk membawa lalu lintas web. Pada tahun 1984, University College London diganti connect satelit transatlantik dengan TCP/IP di atas IPSS.

Banyak situs tidak dapat link atau menyambung langsung ke Internet menciptakan gateway sederhana untuk transfer surat elektronik, aplikasi yang paling penting dari waktu. Situs dengan koneksi hanya berselang digunakan UUCP atau FidoNet dan bergantung pada gateway antara jaringan dan Internet. Beberapa layanan gateway melampaui surat peering sederhana, seperti memungkinkan akses ke File Transfer Protocol (FTP) situs melalui UUCP atau surat.
Akhirnya, routing teknologi yang dikembangkan untuk Internet untuk menghapus aspek routing yang terpusat dihapus dan Exterior Gateway Protocol (EGP) digantikan oleh protokol baru, Border Gateway Protocol (BGP). Ini memberikan topologi menyatu untuk Internet dan mengurangi arsitektur sentris yang ARPANET telah ditekankan. Pada tahun 1994, Classless Inter-Domain Routing (CIDR) diperkenalkan untuk mendukung konservasi yang lebih baik dari ruang alamat yang memungkinkan penggunaan route aggregation untuk mengurangi ukuran tabel routing.

3. CERN

Antara tahun 1984 dan 1988 CERN memulai instalasi dan pengoperasian TCP/IP untuk interkoneksi sistem komputer internal utama, workstation, PC dan sistem kontrol akselerator. CERN terus mengoperasikan sistem yang dikembangkan sendiri terbatas (CERNET) secara internal dan beberapa yang tidak kompatibel protokol (biasanya proprietary) jaringan eksternal. Ada resistensi yang cukup besar di Eropa terhadap penggunaan yang lebih luas dari TCP/IP, dan intranet CERN TCP/IP tetap terisolasi dari Internet sampai tahun 1989.

Pada tahun 1988, Daniel Karrenberg, dari Centrum Wiskunde & Informatica (CWI) di Amsterdam, mengunjungi Ben Segal, Koordinator TCP / IP CERN, mencari nasihat tentang transisi dari sisi Eropa dari jaringan UUCP Usenet (banyak yang berlari X. 25 link) ke TCP / IP. Pada tahun 1987, Ben Segal telah bertemu dengan Len Bosack dari perusahaan itu masih kecil Cisco tentang pembelian beberapa router TCP / IP untuk CERN, dan mampu memberikan nasihat Karrenberg dan maju dia di Cisco untuk perangkat keras yang tepat. Ini diperluas bagian Eropa dari Internet di seluruh jaringan UUCP yang ada, dan pada tahun 1989 CERN membuka koneksi TCP / IP eksternal pertama. Hal ini bertepatan dengan penciptaan Réseaux IP Européens (RIPE), awalnya sekelompok administrator jaringan IP yang bertemu secara teratur untuk melaksanakan pekerjaan koordinasi bersama-sama. Kemudian, pada tahun 1992, RIPE secara resmi terdaftar sebagai koperasi di Amsterdam.

Pada saat yang sama sebagai kebangkitan internetworking di Eropa, jaringan ad hoc untuk ARPA dan di-antara universitas-universitas Australia terbentuk, berdasarkan berbagai teknologi seperti X.25 dan UUCPnet. Ini adalah terbatas dalam hubungan mereka dengan jaringan global, karena biaya pembuatan koneksi UUCP dial-up atau X.25 internasional individu. Pada tahun 1989, universitas-universitas Australia bergabung mendorong ke arah menggunakan protokol IP untuk menyatukan infrastruktur jaringan mereka. AARNet dibentuk pada tahun 1989 oleh Komite Wakil Rektor ‘Australia dan menyediakan jaringan berbasis IP khusus untuk Australia.
Internet mulai menembus Asia di akhir 1980-an. Jepang, yang telah membangun jaringan UUCP JUNET berbasis pada tahun 1984, terhubung ke NSFNET pada tahun 1989. Ini menjadi tuan rumah pertemuan tahunan Masyarakat Internet, INET’92, di Kobe. Singapura mengembangkan TechNet pada tahun 1990, dan Thailand mendapatkan koneksi internet global antara Chulalongkorn University dan UUNET pada tahun 1992.

Nahh.. sekian pembahasan artikel tentang sejarah jaringan internet part yang ketiga dan terakhir ini.
Semoga bermanfaat.
Penulis : M.H Surya
Judul : Sejarah Jaringan Komputer (Internet) Part 3 - NSFNET & CERN (tamat)
Note : Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa follow dan subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru.

You Might Also Like:

Note : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui dan komentar yang berisi SARA dan hinaan akan dihapus.
Buka Komentar