Skip to main content

Follow Us


Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang sejarah terciptanya jaringan computer atau sekarang lebih dikenal dengan nama Internet. Pasti banyak yang ga tau neh… hehheee….

Padahal kita setiap hari memakainya, dan bisa dibilang kita tidak bisa hidup tanpanya.. heheehhee
Oke dehh kita mulai…

Sejarah Internet diawali dengan pengembangan komputer elektronik di tahun 1950-an. Konsep awal dari jaringan paket berasal di beberapa laboratorium ilmu komputer di Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis.
Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui ARPA memberikan kontrak pada awal tahun 1960-an untuk sistem jaringan paket, termasuk pengembangan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang akan menjadi jaringan pertama yang menggunakan Internet Protocol. Pesan pertama dikirim melalui ARPANET dari ilmu komputer Profesor Leonard di laboratorium Kleinrock University of California, Los Angeles (UCLA) ke node jaringan kedua di Stanford Research Institute (SRI).

Packet switching jaringan seperti ARPANET, Mark I di NPL di Inggris, CYCLADES, Merit Network, Tymnet dan Telenet, yang dikembangkan pada 1960-an dan awal 1970-an menggunakan berbagai protokol komunikasi. ARPANET secara khusus mengarah pada pengembangan protokol untuk internetworking, dimana beberapa jaringan yang terpisah bisa bergabung ke dalam jaringan dari jaringan.

Akses ke ARPANET diperluas pada tahun 1981 ketika National Science Foundation (NSF) mendanai Ilmu Komputer Jaringan (CSNET). Pada tahun 1982, protokol internet (TCP / IP) diperkenalkan sebagai protokol jaringan standar pada ARPANET. Pada awal 1980-an NSF mendanai pendirian untuk pusat superkomputer nasional di beberapa universitas, dan memberikan interkonektivitas pada tahun 1986 dengan proyek NSFNET, yang juga menciptakan jaringan akses ke situs superkomputer di Amerika Serikat dari organisasi penelitian dan pendidikan. Penyedia layanan Internet komersial (ISP) mulai muncul pada akhir 1980-an.

ARPANET dinonaktifkan pada tahun 1990. koneksi pribadi ke internet oleh entitas komersial menjadi meluas dengan cepat, dan NSFNET telah dinonaktifkan pada tahun 1995, menghilangkan pembatasan terakhir pada penggunaan Internet untuk membawa lalu lintas komersial.
Pada 1980-an, Tim Berners-Lee di Inggris, di World Wide Web (www), berteori fakta bahwa protokol menghubungkan dokumen hypertext ke dalam sistem kerja,

Menandai awal Internet modern. Sejak pertengahan 1990-an, Internet telah membawa dampak revolusioner pada budaya dan perdagangan, termasuk munculnya komunikasi di dekat-instan melalui surat elektronik, instant messaging, voice over Internet Protocol (VoIP) panggilan telepon, dua arah panggilan video interaktif, dan World Wide Web dengan forum yang diskusi, blog, jejaring sosial, dan situs belanja online. Penelitian dan pendidikan masyarakat terus mengembangkan dan menggunakan jaringan canggih seperti kecepatan yang sangat tinggi Backbone Jaringan Layanan NSF (vBNS), Internet2, dan National LambdaRail.

Peningkatan jumlah data yang ditransmisikan pada kecepatan yang lebih tinggi dan lebih tinggi melalui jaringan fiber optic beroperasi pada 1-Gbit/s, 10-Gbit s, atau lebih. Pengambil alihan Internet dari lanskap komunikasi global yang hampir instan dalam hal sejarah hanya dikomunikasikan 1% dari informasi yang mengalir melalui jaringan telekomunikasi dua arah pada tahun 1993, sudah 51% pada tahun 2000, dan lebih dari 97% dari informasi telekomunikasi pada tahun 2007.
Saat ini, Internet terus berkembang, didorong oleh jumlah semakin besar informasi online, perdagangan, hiburan, dan jejaring sosial.
Internet menjadi salah satu kebutuhan primer yang sangat sulit dipisahkan dari peradaban manusia saat ini.

Agar tidak bingung, akan saya coba simpulkan sebagai berikut :

Secara urut sejarah internet bisa dijelaskan dalam beberapa fase berikut ini:

  1. Pada tahun 1960-an, Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui Advanced Research Projects Agency yang disingkat dengan ARPA merintis sebuah sistem jaringan ARPANET. ARPANET merupakan cikal bakal terbentuknya internet.
  2. Pada tahun 1980-an, internet mulai digunakan secara terbatas untuk menghubungkan beberapa kampus-kampus universitas terkenal di Amerika Serikat.
  3. Protokol standar TCP/IP mulai dipublikasikan ke umum pada tahun 1982.
  4. Sistem nama domain mulai digunakan pada tahun 1984.
  5. National Science Foundation Network (NSFNET) dibangun pada tahun 1986 dan mulai menggantikan peran ARPANET sebagai jaringan riset di Amerika Serikat. Beberapa jaringan internasional di berbagai negara mulai dibangun dan dihubungkan dengan NSFNET.
  6. ARPANET dibubarkan pada tahun 1990. Akan tetapi internet tetap terus berkembang sampai sekarang.
  7. Pada awalnya informasi yang bisa didapatkan lewat internet hanyalah informasi berbasis teks.
  8. Pada tahun 1990, layanan berbasis tampilan grafis yang WWW (World Wide Web) mulai dikembangkan oleh CERN.
  9. Pada tahun 1993, InterNIC didirikan untuk melayani pendaftaran nama domain.
  10. Sekitar tahun 1994, internet mulai digunakan di Indonesia.
Untuk artikel selanjutnya, kita akan merinci setiap periode pengembangan jaringan komputer atau internet lebih detail.
Penulis : M.H Surya
Judul : Sejarah Jaringan Komputer (Internet) Part 1
Note : Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa follow dan subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru.

You Might Also Like:

Note : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui dan komentar yang berisi SARA dan hinaan akan dihapus.
Buka Komentar