Skip to main content

Cara Menampilkan Share QR Code URL di Google Chrome Android

Berbagi itu indah

Sebuah kalimat bijak yang sering kita dengar. Setidaknya kalimat tersebut mampu memberi kita motivasi, bahwa berbagi itu terlihat indah dan frasa indah merupakan bagian dari seni.

Di era digital seperti saat ini berbagi itu tidak hanya soal uang atau sesuatu hal yang berbentuk. Saling mengirim informasi juga merupakan aktivitas berbagi. Namun pernah ga sih kalian merasa jengkel ketika banyak mendapat informasi berupa link URL?

Kadang info yang berupa link tersebut bisa menjadi berbahaya lho.. Apalagi berupa shortlink, yang dimana kita tidak bisa melihat alamat URL lengkap dari link tersebut.

Untuk menghindari hal diatas, ternyata Google Chrome sudah memberikan solusinya. Yaitu menggunakan QR Code URL Sharing di menu berbaginya. Selain aman, tampilan QR Code ini juga menarik. Nah sebelum saya membagikan cara menampilkan Share QR Code URL di Gooogle Chrome Android, ada baiknya kalian mengetahui fungsi dan kegunaan QR Code tersebut.

Daftar Isi:

1. Apa arti dari QR Code ?

QR Code adalah singkatan dari Quick Response Code atau kode respon cepat. Sesuai dengan namanya, QR Code ditujukan untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respon dengan cepat juga. QR Code merupakan pengembangan lebih lanjut dari Barcode (kode batang) yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan dari Jepang bernama Denso Wave pada tahun 1994.

QR Code mampu menyimpan berbagai macam informasi mulai dari URL, gambar, video, dan berbagai macam format media lainnya. Dalam perkembangannya, QR Code mampu dipakai sebagai alat pelacakan suatu data (analitik).

2. Apa fungsi dari QR Code ?

Secara umum fungsi QR Code adalah untuk menyimpan data yang nantinya akan memudahkan dalam pendistribusian data tersebut secara cepat. Dalam perkembangannya, QR Code lebih sering digunakan untuk kepentingan komersial sebagai media promosi, branding dan portofolio. Namun ada beberapa fungsi lain dari QR Code yang mungkin belum kalian ketahui. Seperti contoh:

  • Untuk presentasi
  • Biasanya digunakan sebagai alat distribusi data berupa file presentasi berupa video, power point, gambar ataupun suara. Jadi para audience tinggal scan QR Code tersebut dan mendonwload file didalamnya.

  • Menghubungkan jaringan WiFi
  • Berisi data kredensial WiFi seperti alamat IP, port, user, dan password. Pengguna tinggal scan dan otomatis terhubung WiFi tanpa perlu repot mengisi usernam dan password.

  • Sarana promosi
  • Seperti yang sudah disebutkan diatas, QR Code digunakan sebagai penampung untuk menyimpan suatu produk yang akan dijual. Pengguna hanya tinggal scan dan otomatis akan diarahkan menuju landing page produk tersebut.

  • Media pembayaran
  • Seperti yang kita ketahui saat ini, Bnayak sekali alat pembayaran digital yang menggunakan QR Code untuk mempercepat proses pengiriman uang tanpa perlu ribet menulis alamat email ataupun rekening.

  • Sebagai portofolio
  • QR Code digunakan sebagai kartu nama digital yang menampilkan profil seseorang ataupun sebuah perusahaan.

3. Cara Aktivasi Share QR Code URL di Google Chrome Android

Setelah kalian mengetahui definisi dan fungsi dari QR Code, saatnya kita masuk ke menu utama. Dan tak ada salahnya kita mencoba sesuatu.

Untuk manampilkan fitur Share QR Code URL ini, kalian perlu mengaktifkan 2 (dua) fitur flags di browser Chrome Android. Namun sayangnya fitur flags ini masih dalam tahap eksperimental (percobaan) dan kemungkinan akan menjadi masalah di kemudian hari. Meskipun begitu, hal ini tidak akan mempengaruhi performa ataupun experience kalian saat memakai browser Google Chrome di Android.

Do with your own risk !!

Masuk ke fitur Chrome Flags

Buka browser Google Chrome Android kalian dan ketikkan chrome://flags di address bar. Dalam mode normal ya.. bukan incognito.

Spoiler:

Hint

Fitur Sharing Hub

Pada search bar Chrome Flags, ketikkan sharing hub. Silahkan ganti dari mode Default ke mode Enabled. Jangan di Relaunch dulu ya. Langsung masuk ke fitur berikutnya.

Spoiler:

Hint

Fitur Share QR Codes

Setelah proses enabling pada fitur Sharing Hub selesai, jangan di Relaunch dulu. Ketikkan qr code di search bar yang sama dan ganti mode fitur Chrome Share QRCodes dari Default ke mode Enabled.

Spoiler:

Hint

Relaunch

Setelah proses enabling Sharing Hub dan Share QR Code selesai, saatnya pada proses terakhir yaitu Relaunch. Proses ini akan mengakibatkan browser Google Chrome kalian keluar (restart).

Spoiler:

Hint

4. Cara Menggunakan Share QR Code URL di Google Chrome Android

Setelah aktivasi fitur Share QR Code URL di Google Chrome Android selesai, silahkan kalian coba bagikan situs tertentu dengan menggunakan fitur tersebut. Caranya sebagai berikut:

1. Cara Pertama

Silahkan masuk lagi ke browser Google Chrome Android kalian dan buka situs apa saja yang kalian sukai. Tekan tiga titik di pojok kanan atas dan cari menu bagikan. Secara otomatis akan muncul pop up dari bawah dan pilih menu QR Code.

2. Cara Kedua

Sorot pada address bar, maka akan muncul simbol share, copy dan edit. Silahkan plih simbol share. Maka akan muncul pop up seperti cara yang pertama.

Dan pada akhirnya semua cara diatas akan memunculkan pop up seperti dibawah ini:

Setelah kalian memilih menu QR Code atau kode QR maka hasilnya akan seperti dibawah ini:

Spoiler:

Hint

Kalian juga bisa melakukan scan menggunakan scanner QR Code yang sudah built-in di Google Chrome Android.

Coba deh kalian scan QR Code diatas dengan scanner QR Codenya dan lihat apa yang terjadi. That's pretty cool, right??

Spoiler:

Hint

Bagaimana mudah dan menarik kan? Namun ada beberapa kekurangan yang saya temukan di fitur tersebut. Selain masih tahap eksperimental, fitur Share QR Code URL tersebut tidak bisa kita kustomisasi model dan logo ditengahnya.

Semoga untuk update kedepannya, fitur kustomisasinya segera ditambahkan.

5. Bonus Plugin QR Code untuk Wordpress Developer

Nah bagi para Wordpress developer yang ingin memasang plugin QR Code Generator di website kalian. Saya ada rekomendasi plugin yang cocok untuk kalian gunakan dan yang pasti terbaik di kelasnya.

5sec QR Codes

Dikembangkan oleh Webfactory, developer berbagai plugin dan add-on Wordpress yang telah banyak mendapatkan banyak badge dan rating yang tinggi di Envato Elements

Hanya dengan harga $25, kalian bisa mendapatkan plugin QR Code Generator dari Envato Elements. Namun ada penawaran menarik jika kalian menggunakan referensi dari saya. Cukup gunakan gambar diatas atau tombol dibawah ini untuk mendapatkan harga $9.

Semoga bermanfaat.

DMCA.com Protection Status
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar