Who Are You ? (kenali diri kalian)


Hal pertama yang kalian lakukan adalah mengenali diri dan pahami diri kalian. Karena tiap orang pasti berbeda dengan yang lainnya. Kenali keahlian atau skill kalian, dimulai dari kemampuan kalian melakukan sesuatu, pendidikan yang telah kalian capai, dan profesionalitas pengalaman kalian dalam menyelesaikan tugas dan masalah yang sudah kalian lalui. Hargai diri kalian sendiri agar menciptakan sebuah sugesti positif sehingga inner beauty atau personalitas kalian semakin baik.




Back to Content ↑


Kenali bagaimana persepsi orang lain terhadapmu

Memahamai sebuah persepsi orang lain sangat penting karena hal ini bisa menjadi sebuah koreksi diri kalian agar menjadi lebih baik.

Personal Relationship
Tanyakan kepada temanmu bagaimana pandangan mereka terhadapmu.

Professional Relationship
Apa yang klien, partener kerja/bisnis, dan pelanggan kalian katakan terhadapmu.

Online Reputation
Bagaimana orang (netizen) atau mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, Yandex) menilai postingan atau jurnal kalian.




Pandangan orang ketiga sangat berpengaruh dalam menentukan sikapmu selanjutnya, agar bisa menyesuaikan dengan apa yang lingkunganmu harapkan. Tapi jangan terlalu terpengaruh karena sebuah persepsi bisa saja meredupkan personal branding kalian, buatlah beda dan jadi diri sendiri.

Back to Content ↑


Apa yang ingin kalian capai ?

Mulailah dari hal yang terkecil, semisal mulai dari lingkunganmu, buatlah sebuah karya pribadi atau sebuah layanan jasa untuk memberi manfaat di lingkunganmu. Catat respon mereka, apakah sudah sesuai dengan targetmu atau belum.
Setelah kalian berhasil, naikkan level kalian dengan menyasar target yang lebih luas, misal kan cari pasar atau market yang sesuai dengan audience yang akan kalian capai.




Ingat!! jangan terlalu banyak mencontek karya orang lain, tentukan gaya dan style mu sendiri.
Lakukan dengan konsisten dan dan buat lah improvisasi agar lebih diterima oleh oarang banyak.

Back to Content ↑


Buat Brand Sendiri

Setelah produk atau jasa yang kalian buat, diterima pasar, maka saatnya kalian membuat sebuah brand atau merk. Tujuannya adalah untuk mempermudah orang lain mengingat produkmu dan dirimu secara personal.
Ada langkah-langkah yang harus kalian tempuh untuk membuat sebuah brand.




Emotions & Word
Pilihlah sebuah nama dan slogan yang mewakili karakter dirimu secara personal dan mudah diingat.

Emotions & Images
Pilihlah gambar atau logo serta warna yang merepresentasikan identitas dirimu.

Emotion & Story telling
Jelaskan dan gambarkan dirimu secara jelas serta detail, agar orang lain mudah untuk menemukanmu.

Back to Content ↑


Bangun Ekosistemmu

Buatlah sebuah website atau blog sebagai pusat dari eskosistem kalian dan gunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter atau Google+ sebagai sarana untuk membagikan dan memviralkan konten-konten yang telah kalian buat. Maksud konten disini bisa diartikan juga sebagai produk atau keahlian yang akan kalian jual. Berinteraksilah kepada para user kalian, buatlah secara berkala konten-konten yang menghibur, agar para pelanggan atau user kalian tidak terlalu bosan dengan apa yang kalian tawarkan.




Back to Content ↑


Perluas Jaringan Kerja

Jaringan kerja atau Network.
Untuk memperluas sebuah jaringan kerja, tentunya bukan hal yang mudah apalagi jika kita baru kenal dalam sebuah ekosistem yang masih baru bagi kita. Nahh.. cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membangun sebuah pertemanan dan belajar kepada ahlinya.
Daftarlah di komunitas-komunitas yang sesuai dengan karakter dan target kalian. Didalam sebuah komunitas, tentu kalian akan banyak belajar dari mereka yang sudah expert.




Dan biasanya sebuah komunitas pasti akan mengadakan kopi darat atau sebuah pertemuan di dunia nyata, maka ikutlah dan kalian akan mempunyai banyak network yang bermanfaat bagi bisnis kalian.

Back to Content ↑


Mungkin 6 points diatas bisa membantu kalian dalam membangun sebuah personal branding yang positif dan bisa menghadirkan kemudahan-kemudahan uuntuk berbisnis maupun berkarir di dunia kerja. Adapun saya merangkumnya dari berbagai sumber yang sudah saya ringkas dan mudah dimengerti untuk dipahami dan diterapkan.
Keep fight for your success !!