Skip to main content

Follow Us


Setelah kemarin kita membahas kronologi sejarah pengembangan internet, pada artikel ini saya akan menjelaskan instansi atau organisasi yang berperan sangat penting dalam pengembangan sebuah jaringan komputer atau internet.

Organisasi atau instansi pemerintah ini sangat berjasa besar dalam kemajuan pengembangan internet, karena mereka benar-benar bekerja untuk mendigitalisasi suatu data yang bisa berpindah tempat dengan cepat dan efisien. Yang pertama yang kita bahas adalah :

1. ARPANET

ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) adalah jaringan komputer yang dibuat oleh ARPA (Advanced Research Project Agency) dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969. ARPANET difungsikan sebagai sarana percobaan teknologi jaringan komputer terbaru pada zamannya, seperti teknologi packet switching dan menjadi awal mula berdirinya internet yang ada sekarang.
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk kepentingan militer saja. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Saat awal pengembangannya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California Santa Barbara, University of Utah, dan University California Los Angeles.

Pada tahun 1969 mereka membentuk satu jaringan terpadu . Dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.
Seiring berjalannya waktu kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh karena itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Kolaborasi internasional sangat jarang dilakukan oleh ARPANET dikarenakan berbagai alasan politik, pengembang Eropa khawatir dengan mengembangkan jaringan X.25. Pengecualian adalah Array seismik Norwegia (NORSAR) pada tahun 1972, diikuti pada tahun 1973 oleh Swedia dengan link satelit ke stasiun bumi Tanum dan kelompok riset Peter Kirstein di Inggris, yang berawal di Institut Ilmu Komputer, Universitas London dan kemudian di University College London.




ARPANET menjadi inti teknis apa yang akan menjadi Internet, dan alat utama dalam mengembangkan teknologi yang digunakan pada saat itu. ARPANET awal menggunakan Network Control Program (NCP, kadang-kadang Network Control Protocol) daripada TCP / IP. Pada tanggal 1 Januari 1983, yang dikenal sebagai hari bendera, NCP di ARPANET digantikan oleh modul yang lebih fleksibel dan kuat dari protokol TCP / IP, menandai dimulainya Internet modern.
Network Control Protocol (NCP) merupakan protokol jaringan standar pertama pada ARPANET. NCP disempurnakan dan diluncurkan pada Desember 1990 oleh Network Working Group (NWG), dipimpin oleh Steve Crocker.

Dan pada bulan Maret 1990 ARPANET dibubarkan dan digantikan oleh NSFNET (National Science Foundation  Network) yang lebih menjangkau seluruh dunia / global. Pada masa NSFNET  berbagai jaringan internasional didirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Saat ini terdapat lebih dari 40.000.000 host internet diseluruh dunia. Sejak 1988, internet tumbuh secara cepat dan berlipat ganda setiap tahun.

Penulis : M.H Surya
Judul : Sejarah Jaringan Komputer (Internet) Part 2 - ARPANET
Note : Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa follow dan subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru.

You Might Also Like:

Note : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui dan komentar yang berisi SARA dan hinaan akan dihapus.
Buka Komentar