Skip to main content

Cara Auto Numbering Di Microsoft Excel

Pada tutorial sebelumnya kita sudah membahas tentang bagaimana cara membuka file dokumen Excel yang diproteksi dengan password. Nah di tutorial kali ini saya akan membagikan tips mudah cara menggunakan auto numbering di dokumen Microsoft Excel.

Sebenarnya banyak sekali cara menggunakan Numbering dalam dokumen Excel, seperti memakai cara drag down pada kolom menggunakan Fill Series atau kita tulis manual. Akan tetapi cara tersebut sudah terlalu mainstream, bahkan anak TK pun bisa lho melakukannya. heheehee..😜

Di kesempatan ini selagi otak saya sedang encer dan lagi baik hati. Saya akan membagikan tutorial Auto Numbering menggunakan fungsi logical (IF). Sudah tahu belum apa itu fungsi logical (IF), kalau belum, ya udah, akan saya jelaskan dibawah ini. Simak baik-baik ya 😉

Apa itu fungsi Logical (IF) ?

Fungsi Logical IF atau sering disebut dengan Rumus Logical IF adalah salah satu dari kategori fungsi logical yang ditujukan untuk melakukan uji logika pada suatu data tertentu. Jadi dengan Fungsi logical IF ini memungkinkan Anda untuk membuat suatu perbandingan logis antara nilai dan apa yang diharapkan dengan menguji kondisi dan mengembalikan hasil jika True atau False. Oleh karena itu, pernyataan IF dapat memiliki dua hasil. Hasil pertama jika perbandingan Anda Benar dan hasil kedua jika perbandingan Salah.

Sampai sini paham ?

Kalau masih belum paham juga, silahkan Anda jongkok dan pegang kedua telinga Anda sambil menjulurkan lidah 😉

Jadi Fungsi atau Rumus Logical If berarti jika Sesuatu itu adalah Benar maka lakukanlah sesuatu, jika tidak lakukanlah hal lain. Gitu aja kok repot ?!

Oke, sudah paham ya, mari kita lanjut ke bahasan utamanya.

Cara Munggunakan Auto Numbering Di Microsoft Excel

Pertama dan yang utama Anda harus punya aplikasi Office yaitu Microsoft Excel dulu ya. Kemudian buatlah sebuah contoh dokumen atau gunakan dokumen Excel yang sedang Anda kerjakan.

1. Siapkan dokumen Excel

Siapkan lah dokumen excel terlebih dahulu. Anda bisa lihat contoh gambar dibawah ini.

Dari gambar diatas akan saya beri keterangan

  • Kolom A (1 dan 2) berisi list nomor untuk numbering
  • Kolom B (A dan B) berisi deskripsi list yang akan menjadi object numbering

2. Rumus Logical IF

Nahh, untuk menggunakan rumus logical IF silahkan gunakan rumus dibawah ini:

=IF(B5<>"";1;"")

Copy paste rumus tersebut ke cell yang saya tandai 1.


=IF(B6<>"";1+A5;"")

Copy paste rumus tersebut ke cell yang saya tandai 2.

Anda bisa mendrag down rumus kedua sampai beberapa baris yang Anda inginkan. Maka akan terlihat seperti dibawah ini:

3. Keterangan Rumus

Sebagai contoh saya akan menjelaskan kode cell (Name Box) dalam rumus tersebut.

=IF(B5<>"";1;"")
=IF(B6<>"";1+A5;"")
=IF(B7<>"";1+A6;"")
=IF(B8<>"";1+A7;"")
=IF(B9<>"";1+A8;"")
  • Kode B5, B6, B7, B8, dan B9 adalah letak koordinat pada kolom yang akan digunakan sebagai deskripsi.
  • Kode 1 di gunakan sebagai awal format numbering, yaitu nomor 1
  • Kode 1+A5 sampai 1+A8 adalah kode increment penjumlahan dari kolom sebelumnya. Dalam kode ini digunakan sebagai list penomoran atau numbering.

Anda bisa merubah kode tersebut sesuai posisi cell yang Anda gunakan. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Aplikasi Penggunaan Rumus

Setelah Anda memahami rumus diatas, saatnya mencoba dan tentunya jangan lupa berdoa dulu agar otak Anda lebih shining, shimmering, splendid (jangan sambil nyanyi ya) 😉

Dibawah ini contoh gambar dokumen yang telah menggunakan rumus logical IF Auto Numbering. Bersih dan tak terlihat kan? Padahal kolom A sudah di insert rumus tersebut.

dan dibawah ini adalah gambar yang sudah diberi deskripsi (blok merah). Maka akan terlihat list nomor yang auto muncul dengan sendirinya 😉

Bagaimana?? sudah paham?? atau malah tambah bingung??

Kesimpulan

Jujur saja, rumus atau fungsi ini sebenarnya tidak terlalu penting juga sih, apalagi jika Anda justru tambah bingung bin pusing bin pening. Pastinya ada cara yang lebih mudah, yaitu dengan memakai drag down dengan format Fill Series. Cara itu lebih cepat dan mudah.

Namun jika Anda adalah seseorang yang mempunyai skill Microsoft Excel rata-rata atau bahkan kebawah lagi. Metode ini akan membuat Anda lebih "terlihat" smart dan jago dalam urusan perExcelan. Anda bisa pamerkan cara ini ke teman atau rekan kerja Anda.

Ingat bro!! Interpretasi orang akan berubah menjadi lebih baik jika Anda terlihat smart dan secara otomatis akan meningkatkan self confidence Anda untuk melakukan hal dengan lebih baik lagi.

Sumber Gambar: Dokumen Pribadi

  1. Screenshoot Microsoft Excel 2020 (Template Monthly Budget Company)
  2. Edited with Adobe Photoshop CC 2020
DMCA.com Protection Status
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar