Skip to main content

6 Tips Dan Trik Google Search Agar Hasil Pencarian Akurat

Dalam mencari sebuah informasi di mesin pencarian Google, tentunya kita mengharapkan agar mendapat hasil yang tepat. Karena terkadang saat kita mengetikkan sesuatu, Google sudah memberi banyak sugesti kata kunci (keyword) yang terlalu banyak. Hal ini berakibat ketidaktepatan hasil yang akan kita dapatkan di mesin pencarian tersebut.

Nahh.. Disini saya akan memberikan 6 tips dan trik agar kata kunci yang kalian ketikkan menjadi lebih akurat dan tepat.

  1. Tanda petik (") untuk mencari keyword secara tepat dan akurat
  2. Jika kalian ingin mencari hasil yang lebih akurat dan spesifik gunakan tanda (") untuk membungkus kata kunci yang kalian cari.

    Contoh : Jika kalian ingin mencari informasi tentang resep sate sapi madu, silahkan ketik seperti ini : "resep sate sapi madu". Karena tanda kutip tersebut, Google Search akan melakukan pencarian secara berurutan.

  3. Tanda minus (-) untuk menyingkirkan hasil pencarian yang tidak diharapkan
  4. Dengan kita mengetikkan (-) sebelum keyword, dapat membantu menampilkan hasil pencarian dengan menghilangkan hasil pencarian yang tidak kita harapkan.

    Coba ketikkan: resep rendang -sapi, maka hasil pencarian akan menampilkan resep rendang yanag tidak memakai daging sapi sebagai bahan dasarnya.

  5. Tanda bintang (*) untuk mencari kata yang hilang
  6. Selain digunakan sebagai tanda bot crawler, tanda bintang (*) ternyata juga bisa dipakai di mesin pencarian Google untuk mencari kata yang hilang. Hal ini sangat berguna jika kalian ingin mencari lirik lagu, puisi atau keperluan lainnya.

    Terkadang kita mendengar sebuah lagu yang familiar tapi hanya sebagian kata yang kita tahu, nahh.. coba deh kalian cari di Google pencarian, misalnya seperti lagunya Zac Efron, Zendaya - Rewrite The Stars. Caranya ketik : What if we rewrite the *. Maka otomatis Google akan memberi saran yang tepat.

  7. Tanda titik dua (:) untuk mencari informasi dari suatu situs
  8. Jika kita ingin mencari suatu informasi atau berita, tapi kita tidak ingin situs lain ikut masuk dalam hasil pencarian, bisa memakai tanda titik dua (:) diantara keyword dan nama situs yang dituju.

    Sebagai contoh, kalian ingin mencari informasi tentang AMP (Accelerate Mobile Page) di situs ini. Coba ketikkan : AMP:hendrasurya.com. Maka akan ditampilan info yang spesifik tentang AMP disitus ini.

  9. Ketikkan (file type :) untuk mencari ekstensi file tertentu
  10. Ada kalanya saat kta malas membuat sendiri sebuah file atau saat kita ingin mencari ekstensi file tertentu. Kita bisa memakai keyword (file type :) agar hasil pencarian langsung menampilkan hasil yang kita inginkan.

    Sebagai contoh kita ingin mencari logo Google dalam format .psd. Coba ketikkan : file type : psd logo Google. And see what will happen.

  11. Tanda titik dua horisontal (..) untuk mencari rentang antara 2 nilai atau waktu
  12. Tanda titik dua horisontal (..) dipakai untuk mencari rentang antara 2 nilai atau waktu dengan perincian yang lebih akurat.

    Coba ketikkan : angka romawi XV..XVII. Maka hasil akan muncul dengan nilai diantara XV sampai XVII.

Silahkan Dicoba !!

DMCA.com Protection Status
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar