Skip to main content

Cara Mudah Bersihkan File Sampah Di PC Windows Tanpa Install Aplikasi

Semakin kesini, kebutuhan manusia akan perangkat komputer semakin besar. Bahkan boleh dibilang PC (Personal Cmputer) dan laptop menjadi kebutuhan dasar manusia. Ditambah lagi ditengah pandemi COVID-19 sperti ini, Pemerintah kita menganjurkan kerja dari rumah (work from home) dan sekolah dari rumah (school from home).

Sebuah perangkat komputer mejadi sangat penting karena manusia membutuhkannya untuk membantu dan mempercepat pekerjaan. Namun jika kita memakainya setiap hari, lambat laut akan menurunkan kinerja komputer tersebut. Dan masalah terbesarnya adalah banyaknya file sampah yang tersimpan secara otomatis di dalam sistem operasinya.

Disini saya akn membagikan tips mudah membersihkan file-file sampah di komputer kalian, tanpa perlu bantuan aplikasi pihak ketiga. Seperti kita ketahui aplikasi pembersih pihak ketiga biasanya berbayar dan terlalu banyak memakan resources di komputer kita. Sebenarnya juga banyak sih aplikasi pembersih yang gratis, tapi kebanyakan pihak developernya memberikan limitasi di aplikasinya.

Ada pula aplikasi yang sudah full version tapi sudah di crack ataupun di patch lisensinya, tentunya ini sangat berbahaya untuk keamanan komputer kalian, karena bisa jadi sudah di susupi program jahat, virus ataupun adware yang kedepannya pasti membuat kalian repot.

Sebelum masuk ketutorialnya pastikan kalian tahu dulu apa saja yang disebut file sampah itu.

  • Temporary File
  • Temporary file merupakan file sementara yang disimpan oleh windows karena sebelumnya terjadi sebuah eksekusi program yang dijalankan. File sementara ini bertujuan untuk menyimpan data sementara ketika ada file sedang diproses, dijalankan dan dibuat user. Pada daasarnya temporary file akan terhapus otomatis ketika program sudah selesai dijalankan, namun ini tidak selalu terjadi dan temporary file bisa terus bertambah dan memenuhi isi harddisk kita.

  • Recycle Bin
  • Recycle Bin adalah tempat atau direktori di Windows yang berfungsi sebagai tempat penampungan sementara dari file-file yang sudah kita hapus. Jadi setelah file kita hapus, tidak akan langsung hilang, melainkan berpindah tempat ke recycle bin tadi. Dan kita bisa melakukan restore terhadap file tersebut jika kita membutuhkannya lagi. Namun lagi-lagi jika kita malas membersihkannya, maka file akan semakin bertumpuk dan bertambah.

  • Prefetch
  • Sebernarnya prefetch juga hampir sama sifatnya dengan temporary file. Namun prefetch digunakan untuk fetching suatu program agar kita bisa membuka program tersebut lebih cepat. Jika di web biasa kita sebut dengan cache.

Okee.. Langsung masuk ke tutorial dibawah ini.

  1. Copy paste kode dibawah ini di notepad
  2. del /f /s /q %systemdrive%\*.tmp
    del /f /s /q %systemdrive%\*._mp
    del /f /s /q %systemdrive%\*.gid
    del /f /s /q %systemdrive%\*.chk
    del /f /s /q %systemdrive%\*.old
    del /f /s /q %systemdrive%\recycled\*.*
    del /f /s /q %windir%\*.bak
    del /f /s /q %windir%\prefetch\*.*
    rd /s /q %windir%\temp & md %windir%\temp
    del /f /q %userprofile%\cookies\*.*
    del /f /q %userprofile%\recent\*.*
    del /f /s /q "%userprofile%\Local Settings\Temporary Internet Files\*.*"
    del /f /s /q "%userprofile%\Local Settings\Temp\*.*"
    del /f /s /q "%userprofile%\recent\*.*"

  3. Simpan di direktori yang kalian inginkan dan beri nama file dengan ekstensi file .bat
  4. Jalankan file dengan cara klik kanan dan Run as Administrator
  5. Tampilan selanjutnya akan seperti ini :

Atau jika kalian malas untuk copy paste, saya sudah menyediakan file cleaner nya. kalian hanya tinggal download melalui tombol dibawah ini:

Semoga Bermanfaat

DMCA.com Protection Status
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar