Skip to main content

Follow Us


Seperti yang sudah kita ketahui sekarang, Google lebih mengutamakan perangkat mobile (smartphone) dan dari situlah lahir apa yang disebut dengan AMP (Accelerate Mobile Page).

Apa itu AMP (Accelerated Mobile Pages)?
Seperti yang ditulis di halaman resminya AMP adalah pustaka sumber terbuka yang menyediakan cara mudah untuk membuat halaman web yang menarik, halus, dan memuat secara instan bagi pengguna. Halaman AMP hanya halaman web yang dapat Anda tautkan dan dikontrol oleh Anda.

Jadi dengan anda mengganti custom template blog anda, maka anda bebas memodifikasi semua halaman blog anda sesuai ketentuan AMP. Nah berikut ini akan saya jabarkan kelebihan dan kekurangan menggunakan custom blog AMP .

Kelebihan Custom Blog AMP

  • Memuat halaman blog anda seketika (fast loading), apalagi ketika diakses dari perangkat mobile atau smartphone.
  • Artikel anda lebih cepat terindeks oleh mesin pencari Google. Dan blog anda akan ramai dikunjungi dari pencarian organik pengguna smartphone atau seluler, karena Google mengutamakan pencarian dari perangkat mobile.
  • Meningkatkan pengalaman pengguna / pengunjung blog anda.
  • Tampilan antar muka yang dinamis dan keren.
  • Otomatis trafik pengunjung blog anda akan naik dan bisa meningkatkan pendapatan anda jika blog tersebut di monetize atau jualan online.
Nah itulah beberapa kelebihan menggunakan custom blog AMP, silahkan jika anda ingin menambahkannya dan tulis di kolom komentar yang sudah disediakan.

Setiap ada kelebihan, pasti ada kekurangannya donk ?? Mari kita ulas kekurangan menggunakan custom blog AMP.

Kekurangan Custom Blog AMP

  • AMP tidak bisa memuat javascript dan CSS eksternal.(sebenarnya cara ini bisa diakali dengan menggunakan Content Delivery Network) Walaupun ribet tapi tetap bisa. heheheheee.....
  • Ribet ketika mengupload foto atau gambar, karena kita harus mengedit HTMLnya terlebih dahulu supaya tidak terjadi error validasi AMP (jangan males dan banyak belajar)hehehee...
  • Melakukan validasi berulang-ulang supaya tidak terjadi error atau kesalahan. (sudah dibilang jangan males kq, ayoo semangat !!)
  • Minimal anda harus mengerti HTML dan CSS (setidaknya copy paste lah, tapi ijin dulu sama yang punya blog)
Kalau menurut Hendra Surya sih justru custom blog AMP memiliki banyak kelebihan, tapi semua pilihan ada ditangan anda, Pilihlah sesuai keinginan hati anda, jangan asal ngikut.

Oke sekian dulu artikel tentang Kelebihan dan Kekurangan Custom Blog AMP dari Hendra Surya, jika ada kekurangan, dipersilahkan menambahkan dikolom komentar.
Penulis : M.H Surya
Judul : Kelebihan dan Kekurangan Custom Blog AMP
Note : Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa follow dan subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru.

You Might Also Like:

Note : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui dan komentar yang berisi SARA dan hinaan akan dihapus.
Buka Komentar