Skip to main content

Follow Us


Dizaman yang serba sulit seperti saat ini, memang dibutuhkan kemampuan untuk bersaing di segala aspek, terutama dalam mendapatkan penghasilan.
Nah.. Kali ini Hendra Surya akan memberikan tips mendapatkan penghasilan yang bisa dibilang modal kecil tapi hasil cukup memuaskan.
Apakah itu ??
Yupsss.. Memulai bisnis dari nol (0), cocok untuk kalian para kawula muda, pekerja kantoran, bahkan ibu rumah tangga.

Terus bagaimana cara memulai bisnis rumahan tersebut ??
Mari kita simak artikel dibawah ini :


  • Punya Tekad dan Kemauan Keras
Sebagai seorang pebisnis, kalian harus punya tekad dan kemauan yang keras, karena untuk memulai sebuah usaha pasti banyak halangan, rintangan dan pengorbanan yang harus kalian hadapi. Jangan takut untuk menjadi beda dengan orang lain. Seorang pengusaha adalah orang yang mampu melawan arus (bukan mengikuti arus) dan punya mental baja. Jika kalian orang seperti itu, maka do it now !!

  • Tentukan Jenis Usaha
Ini merupakan titik awal dari anda memulai usaha tersebut, mulailah usaha sesuai dengan passion anda. Jangan mengikuti apa kata orang lain, karena ini adalah tentang apa yang akan anda jalani.
Semisal anda menyukai bidang kuliner, maka memasak adalah salah satu usaha yang cocok untuk anda, atau anda suka fashion, kemungkinan anda bisa membuka jasa desain atau jahit pakaian.

  • Tentukan Lokasi Usaha
Lokasi yang strategis adalah salah satu kunci sukses usaha anda, pemasaran anda akan lebih mudah dan produk anda menjadi lebih dikenal. Namun jika anda ingin menjalankan usaha anda dirumah, anda harus memasarkan produk anda lebih giat, atau bisa melalui toko-toko online yang sudah banyak tersedia.

  • Be Different
Buatlah produk dan jenis usaha anda beda dari yang lain, karena kebanyakan orang pasti akan mencoba hal-hal yang baru, Nah.. Disitulah peluang anda untuk mengisi dengan produk-produk yang anda tawarkan. Unggulkanlah kualitas produk anda dan pastinya calon pembeli mudah untuk mengaksesnya.

  • Branding Product
Berilah nama produk anda sesuai dengan jenis usaha yang anda geluti, misalkan anda punya usaha kuliner, ya berilah nama pada masakan anda sesuai dengan hal-hal tentang masakan tersebut (contoh : anda memasak udang bakar manis ⇒ sweet shrimp bla..bla..blaa.. ) pokoknya nama yang unik tapi sesuai dengan konteks usaha anda.


  • Marketing atau Pemasaran
Yang terakhir adalah sistem pemasaran anda, disini anda bisa melakukan 2 cara, yaitu konvensional dan digital. Cara konvensional adalah dengan cara manual, anda bisa mengajak teman-teman anda untuk membeli produk anda, lewat rekomendasi kolega, menyebar pamflet, atau memasang banner didepan lokasi usaha anda. Cara ini cukup melelahkan tapi sangat efektif, mengingat kepercayaan seorang calon pembeli adalah dia mengetahui seluk-beluk produk anda dari seseorang yang dia percaya.(ngerti gak??).
Intinya rekomendasi dari mulut ke mulut adalah salah satu strategi marketing yang efektif.
Cara yang kedua yaitu digital marketing, ini melibatkan kegiatan online seperti anda berpromosi di toko-toko online, membuat website atau blog yang sesuai dengan produk yang anda tawarkan.

Penulis : M.H Surya
Judul : Tips Memulai Bisnis Dari Nol
Note : Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa follow dan subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru.

You Might Also Like:

Note : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui dan komentar yang berisi SARA dan hinaan akan dihapus.
Buka Komentar