Skip to main content

Follow Us


Haii sobat Hendra Surya....
Kali ini saya update artikel dengan menggunakan bahasa Indonesia.
Nah.. dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang cara optimasi SEO lokal sebuah website atau blog untung menunjang sarana bisnis anda.

Tentunya sebuah website atau blog yang sudah teroptimasi SEOnya dengan baik akan mendapat rangking yang tinggi di mesin pencarian dan ketika sesorang mengetikkan suatu kata kunci yang relevan dengan bisnis anda, maka dengan sendirinya web bisnis anda akan dikunjungi.
Apa sih manfaat dari penerapan SEO Lokal :
  1. Meningkatkan product branding merk bisnis anda.
  2. Penargetan pelanggan yang tepat sasaran.
  3. Lebih sedikit persaingan di dunia SEO.
  4. Produk anda lebih terkenal dan viral didaerah anda.

Lalu bagaimana cara mengoptimalkan dan menerapkan SEO Lokal di website atau blog anda ??
Disini akan saya berikan beberapa contoh cara mengoptimasi dan penerapan web atau blog dengan SEO Lokal.


  • Daftarkan bisnis anda di Google Bisnis
Anda cukup buka Google Bisnis dan isi formulirnya sesuai dengan keperluan bisnis anda. Disini anda bisa membuat sebuah website dengan gratis dan mengkustomisasinya. Setelah semua formulir dan website yang anda buat selesai, anda bisa mengiklankan bisnis anda dan terhubung dengan calon pelanggan anda. Jika anda kesulitan silahkan buka Google Help
Cukup mudah kan ? dan tentunya bisnis anda terdaftar di Google.
  • Daftarkan lokasi bisnis anda di Google Maps
Setelah bisnismu terdaftar di Google Bisnis, pastikan anda juga mendaftarkan lokasi bisnis anda di Google Map. Ini bertujuan untuk memudahkan calon pelanggan mengetahui keberadaan bisnis anda dan bisnis anda terlihat lebih terpecaya (bukan sekedar bisnis fiktif).
  1. Buka Google Maps dan pastikan Anda masuk ke akun.
  2. Perbesar peta tempat Anda ingin menambahkan bisnis.
  3. Di kanan bawah, klik Laporkan masalah.
  4. Klik Tambahkan tempat yang belum ada.
  5. Seret penanda ke lokasi bisnis Anda, dan tambahkan semua informasi yang relevan.
  6. Klik Kirim.
Nah jika anda kurang paham silahkan kunjungi Google Help


  • Optimalkan Website atau Blog Anda
Selain optimasi SEO Off Page dan SEO On Page, Anda juga harus melakukan optimasi tampilan web dan kecepatan web. ini berfungsi agar pelanggan anda tidak lari ketika membuka website bisnis anda.
Apa jadinya jika pelanggan membuka website bisnis anda dengan loading yang lama dan tampilan navigasi yang kurang jelas dan amburadul??
Pasti mereka akan mencari website lain yang lebih cepat dan memberikan user interface dan user experience yang bagus. Dan jangan lupa cantumkan kontak dan alamat yang jelas agar pelanggan bisa menghubungi anda.
Sistem pembayaran juga sangat penting anda jelaskan secara gamblang kepada calon pelanggan anda, karena pelanggan cenderung khawatir tertipu. Maka dari itu anda harus menyertakan sistem pembayaran yang telah tervalidasi oleh pemerintah atau bank di daerah anda.


  • Tonjolkan Kearifan Budaya Lokal Anda
Tidak ada salahnya anda menonjolkan kearifan budaya lokal daerah anda, karena ini sangat penting untuk melestarikan budaya kita yang semakin merosot. Anda bisa menjadi pebisnis dan duta budaya sekaligus. Contohnya adalah White Car Transport mereka adalah salah satu perusahaan rental mobil di kota Yogyakarta yang membudayakan budaya lokal.

Oke sobat Hendra Surya, sekian dulu artikel tentang cara optimasi dan penerapan SEO lokal kali ini.
Sampai jumpa di postingan-postingan berikutnya...
Penulis : M.H Surya
Judul : Cara Optimasi dan Penerapan SEO Lokal
Note : Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa follow dan subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru.

You Might Also Like:

Note : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui dan komentar yang berisi SARA dan hinaan akan dihapus.
Buka Komentar