Skip to main content

Follow Us


Hari-hari yang ditunggu telah tiba neh sobat,,,
Yupss... Bagi kalian yang bekerja di sebuah perusahaan, pastinya kalian dapat THR kan ??

Nahh.. THR atau Tunjangan Hari Raya adalah pendapatan selain gaji atau upah yang wajib dibayarkan oleh Pengusaha atau Instansi Pemerintahan kepada Pegawai menjelang hari raya keagamaan yang berupa uang atau bentuk lainnya.

Waktu pemberian THR ini disesuaikan dengan agama masing-masing pegawai, misalnya THR diberikan pada Idul Fitri untuk pekerja yang beragama Islam, Natal bagi pekerja beragama Kristen Katolik dan Protestan, Nyepi bagi yang beragama Hindu, dan Hari Raya Waisak bagi pekerja yang beragama Buddha. Tapi hal ini juga tergantung pada klausa yang tercatat dalam perjanjian kerja. Untuk kemudahaan dan alasan lain, biasanya banyak perusahaan yang membagikan THR pada waktu yang sama untuk seluruh pegawainya, biasanya saat Idul Fitri.

Oke..kira-kira begitulah pengertian dari THR atau Tunjangan Hari Raya. Dan tanpa bertele-tele lagi, mari kita simak 5 Tips Mengatur Uang THR Agar Hemat dibawah ini.


  • Tentukan Skala Prioritas

Kalian dapat THR sebenarnya untuk apa sih??
Yupss, kalian mendapatkan THR sebenarnya untuk menunjang keperluan di hari raya keagamaan masing-masing, sebagai contoh : untuk menjamu tamu yang ingin bersilaturahim di rumah kalian, membeli pakaian baru, memberi uang saku untuk adik, keponakan atau anak-anak kalian.
Atau jika kalian berada di perantauan kalian juga bisa menggunakannya untuk membeli tiket untuk mudik,membeli oleh-oleh untuk keluarga di kampung halaman dan sebagainya.
Tapi ingat sobat!! Kalian juga harus bijak menentukan pengeluaran uang THR kalian.

  • Alokasikan Untuk Tabungan

Seperti pada pembahasan kemarin yaitu 5 Tips Menabung Cerdas. Hal ini juga berlaku untuk THR yang kalian dapatkan.
Kenapa ??
Ya karena bisa digunakan sebagai biaya tak terduga, semisal jika kalian melakukan perjalanan mudik dan ditengah perjalanan kendaraan kalian rewel, kalian bisa gunakan ini untuk memperbaiki kendaraan kalian.
Kalian bisa menyisihkan kira 20% dari uang THR kalian untuk dipakai sebagai uang tabungan.

  • Sisihkan Untuk Membayar Hutang

hhahahaa... ada-ada saja ya ?...
Tapi ini penting lho sobat. Bagi kalian yang masih punya hutang dan belum lunas, kalian bisa gunakan sebagian uang THR untuk membayarnya.
Karena jika kalian berlarut-larut dalam membayar hutang, pastinya akan menambah beban finansial Anda. Apalagi di moment hari raya yang merupakan moment kemenangan dan suka cita, Anda malah memikirkan hutang yang belum lunas.
Jadi tunggu apalagi.. Bagi yang belum bayar hutang segera lunasi dengan sebagian uang THR Anda dan Anda akan tenang.

  • Alokasikan Untuk Investasi

Bagi Anda yang memikirkan masa depan jangka panjang, hal ini bukan merupakan hal baru lagi.
Tapi bagi Anda yang masih belum mengenal investasi, maka cobalah dari sekarang.
Alokasikan uang THR Anda untuk berinvestasi, misalkan dengan membeli emas, saham atau cryptocurrency yang sedang hangat-hangatnya tahun ini. Cobalah untuk memulai hal-hal baru dan mempelajarinya.

  • Gunakan Untuk Hal Yang Bermanfaat

Kalian tidak inginkan setelah lebaran justru uang Anda terkuras habis tak bersisa sedikitpun ??
Gunakan uang THR kalian secara bijak, belilah hal-hal yang menurut Anda, Anda membutuhkannya dan jangan hanya menuruti keinginan semata.
Pandai-pandai lah mensyukuri apa yang Anda dapatkan dan jangan melakukan banyak pemborosan yang sifatnya tak bermanfaat.
Dan satu lagi yaitu bersedekahlah supaya orang lain yang membutuhkan bisa merasakan manfaat dari THR yang Anda terima.

Nahh..mungkin segini dulu 5 Tips Mengatur Uang THR Agar Hemat dari Hendra Surya.
Semoga bermanfaat.....

Artikel ini ditulis oleh Hendra Surya dengan penuh cinta. Segala isi konten ini adalah asli dari pemikiran dan pengalaman pribadi penulis. Silahkan dibagikan dengan mencatumkan sumber artikel ini.
Penulis : M.H Surya
Judul : 5 Tips Mengatur Uang THR Agar Hemat
Note : Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa follow dan subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru.

You Might Also Like:

Note : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui dan komentar yang berisi SARA dan hinaan akan dihapus.
Buka Komentar