Skip to main content

Follow Us


Dizaman yang serba sulit seperti sekarang ini pasti tiap-tiap orang sangat butuh dengan apa yang dinamakan UANG. Sebagian besar dari kalian mungkin bisa menyisihkan pendapatan kalian dengan cara menabung. Tapi bagaimana dengan orang-orang yang bisa dikatakan pendapatan mereka kecil dan hanya cukup untu makan saja ??..

Sebenarnya banyak sekali cara dan metode menabung, mulai dari menaruh uang dibawah bantal atau kasur sampai menabung di Bank-bank besar. Nah.. artikel kali ini saya akan sedikit sharing 5 Tips Menabung Cerdas dan pasti berhasil, baik untuk yang berpenghasilan besar maupun yang berpenghasilan pas-pasan.


  • KONSISTEN

Dalam bidang apapun kekonsistenan merupakan salah satu syarat wajib bagi yang ingin sukses dan berhasil. Banyak sekali para motivator diluar sana menyarankan pendengarnya bersikap konsisten, tapi apakah ini mudah ??
Menurut saya ini adalah hal yang tersulit, mungkin kita bisa bersikap konsisten diawal jalan, misal 1 - 5 bulan, tapi setelah itu ??
Well.. pasti banyak yang beralasan capek lah, males lah, bosen lah dan bla bla blaaa...
Terus bagaimana donk menyikapinya ??

Disiplin, itu solusinya, jadi kan kegiatan menabung sebagai kebiasaan, jika kita melakukan sesuatu yang berulang-ulang kali lambat laun akan menjadi sebuah kebiasaan yang tentunya mudah sekali kita lakukan. Cobalah dari sekarang dan if you've found the key, you'll love it.

  • HARGAI UANG RECEH

Ini sering kali disepelekan banyak orang, padahal jika kalian konsisten mengumpulkannya niscaya akan memberi kontribusi yang tidak sedikit. Bukankan pepatah pernah berkata "sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit". Mulai lah dari hal-hal kecil untuk melakukan hal besar.
Uang receh ini bisa kalian simpan dimana saja, seperti contoh, kaleng bekas roti, toples kecil, celengan dari tanah liat atau di Bank dan simpan ditempat yang menurut kalian aman.
Kalian bisa memulai hal ini dengan menyisihkan uang kembalian belanja kalian yang ada recehnya atau bisa kalian nemu uang receh dijalan heheheheee...
Nahh.. simpan uang receh tersebut sampai menurut kalian ga malu-maluin kalau ditukar di warung sebelah atau bahkan di Bank.

  • JANGAN TENTUKAN TARGET

What ?? gila apa neh penulisnya ?? masak tidak ditarget ??
Jadi gini sobat Hendra Surya, dengan menentukan sebuah target untuk nominal tertentu pasti kalian menemui banyak kendala, contohnya kalian menargetkan nominal uang Rp.10.000 atau Rp.20.000 perhari.
Pertanyaan saya adalah :

Apakah kalian bisa mengadakan uang dengan nominal tersebut setiap hari?

Terus setelah berjalan beberapa bulan apa kalian tidak capek ?

Apakah Anda bisa konsisten ?

Kalau Anda bisa ya silahkan saja, saya tidak memaksa...
Tapi kebanyakan orang pasti akan mencapai suatu titik jenuh dan menyerah jika dibayangi dengan sebuah target. bener kan ?
Cobalah untuk santai tapi konsisten dan lakukan terus menerus berapapun nominalnya.


  • ANGGAP UANG TABUNGAN SEBAGAI UANG HILANG

Tambah gila lagi kan penulisnya??!!
hahahahaha.....
Maksud saya disini bukan menghilangkan atau membuang uang lhoo...
Setiap uang yang Anda tabung, pikirkanlah bahwa uang tersebut sudah habis dipakai untuk membeli sesuatu. Dengan pemikiran sepert ini Anda sebagai penabung, tidak pernah mengutak-atik atau mengambil uang tabungan Anda, jadi saldo tabungan anda tetap utuh, aman dan bertambah banyak.
Dan suatu hari nanti Anda akan menemukan saldo tabungan Anda menjadi woowww!!
Just try it !!

  • CERDAS MENGELOLA UANG

Pikirkanlah diri Anda adalah sebuah perusahaan, dimana cash flow uang tercatat dalam sebuah pembukuan. Uang keluar atau uang masuk pastikan tercatat dengan baik dan bisa dipertanggungjawabkan terhadap diri Anda.
Tapi ingat uang yang disisihkan untuk menabung jangan pernah dicatat anggap saja hilang (seperti pada point 4).
Dengan mengatur cash flow uang Anda, Anda bisa mengetahui penggunaan uang Anda secara terperinci, bahkan di setiap cash flow pasti ada margin selisih.
Nah uang dari hasil margin selisih ini bisa kalian gunakan sebagai tabungan atau untuk hal-hal yang sifatnya tak terduga. Jadi Anda bisa dobel nabungnya kan....

Mungkin itu dulu pembahasan artikel 5 Tips Menabung Cerdas, sampai jumpa di artikel-artikel menarik selanjutnya.

Artikel ini ditulis oleh Hendra Surya dengan penuh cinta. Segala isi konten ini adalah asli dari pemikiran dan pengalaman pribadi penulis. Silahkan dibagikan dengan mencatumkan sumber artikel ini.


Penulis : M.H Surya
Judul : 5 Tips Menabung Cerdas (Pasti Berhasil)
Note : Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa follow dan subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru.

You Might Also Like:

Note : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui dan komentar yang berisi SARA dan hinaan akan dihapus.
Buka Komentar