Skip to main content

Cara Menghapus Informasi Pribadi Dari Hasil Pencarian Google

Pada tanggal 27 April, Google memberitahukan bahwa publik sekarang bisa mengirimkan permintaan untuk menghapus informasi pribadi dari hasil pencarian Google. Sebelumnya, Google memiliki standar yang ketat untuk memperbolehkan penghapusan informasi pribadi yang bersifat sensitif.

Mungkin akan menakutkan bila alamat email, nomor telepon bahkan alamat rumah kalian muncul di hasil pencarian Google. Maka dari itu sangatlah perlu untuk mengambil tindakan dengan melindungi privasi kalian.

Selain menghapus informasi pribadi, Google juga sedang mempertimbangkan permintaan penghapusan untuk gambar anak di bawah umur, pornografi, dan konten eksplisit lainnya. Kendati demikian hasil permintaan yang dihapus dari pencarian Google tidak akan menghapus halaman web dari internet. Dan itu akan mengalihkan salah satu pendorong lalu lintas terbesar.

Namun, tidak ada jaminan bahwa hasil pencarian yang kalian inginkan akan hilang sepenuhnya. Sebagai hasil dari permintaan kalian, halaman web dapat dihapus dari semua pencarian Google. Itupun hanya penelusuran yang melibatkan nama kalian.

Baca Juga: Cara Menampilkan Share QR Code URL di Google Chrome Android

Melansir dari Google’s Global Policy Lead for Search, Michelle Chang, menulis, “Akses terbuka ke informasi adalah tujuan utama penelusuran atau pencarian. Tetapi juga memberdayakan orang dengan alat yang mereka butuhkan untuk melindungi diri mereka sendiri dan menjaga identitas mereka yang sensitif .” Prosedur baru dapat melindungi dari doxxing berbahaya, serta kebocoran informasi yang merupakan ancaman implisit.

Cara Menghapus Informasi Pribadi

Untuk memulai proses penghapusan, kunjungi halaman dukungan topik , gulir ke bawah setengah, dan klik tombol biru Mulai permintaan penghapusan. Kalian awalnya akan ditanya apakah kalian telah menghubungi pemilik situs web. Tidak perlu melakukan ini, jadi kalian cukup mengetuk Tidak. Saat Google menanyakan apa yang ingin kalian hapus, pilih: Info pribadi, seperti nomor ID dan dokumen pribadi.

Kemudian kalian dapat menentukan jenis informasi pribadi apa yang muncul di Google Penelusuran, seperti detail kontak atau ID kalian. Langkah-langkah ini hanya untuk menghapus hasil dari situs web langsung.Aada formulir terpisah yang harus diisi untuk halaman yang di-cache.

Centang kotak yang menunjukkan bahwa konten sudah tayang. Pertanyaan berikutnya menanyakan apakah permintaan tersebut berkaitan dengan doxxing. Google mendefinisikan sebagai “informasi kontak yang dibagikan dengan niat jahat, mengancam, atau melecehkan.”

Setelah itu, Google meminta nama lengkap, negara tempat tinggal, dan email kalian. Google hanya mengijinkan untuk mengirimkan permintaan penghapusan untuk hasil yang berkaitan dengan diri kalian. Atau seseorang yang kalian wakili secara resmi.

Kalian bisa meminta penghapusan hingga 1.000 tautan yang dapat dikirimkan sekaligus. Google meminta URL konten atau gambar yang menyinggung, dan perusahaan ingin kalian membagikan hasil pencarian di tempat kemunculannya.

Video Pilihan

DMCA.com Protection Status
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar