Skip to main content

Follow Us


Haii sahabat Hendra Surya....
Kali ini saya akan membahas sebuah topik yang sedikit agak melenceng dari dunia internet. Tapi ga apa-apalah, namanya saja berbagi dalam hal-hal positif. Nah sebagai seorang manusia biasa kalian pasti pernah merasa tertekan terus menjadi stress kan ??
Wajar kok guys... semua orang juga pernah mengalaminya.

Tapi kalau kalian merasa stress yang berkelanjutan dan sampai mengganggu kesehatan kalian, itu sudah termasuk bahaya loh. Sebenarnya ada beberapa tips untuk mengolah stress dan beban pikiran tersebut agar tidak sampai menjadi masalah yang berlaru-larut. Namun sebelum masuk kesitu, kalian tau ga sih ap itu stress ?? Saya kasih penjelasan dulu agar kita bisa memahami dengan baik.

Stress adalah suatu kondisi dinamis dimana seorang individu dihadapkan pada masalah, peluang, tuntutan dan sumber daya yang terkait dengan apa yang diharapkan atau diinginkan oleh individu tersebut dan hasilnya dipandang penting maupun tidak. Jadi ini merupakan suatu aktivitas memilih saat kita dihadapkan pada sebuah pilihan maupun paksaan. Banyak sekali pengertian dari kata stress ini baik itu dilihat dari sudut pandang agama, budaya, medis dan psikologi.

Dalam kehidupan ini, banyak sekali hal yang bisa membuat kita stress dan terbebani pikiran kita. Tanpa perlu saya jelaskan kalian pasti juga tahu dan pernah mengalaminya kan?
Oke, dibawah ini ada beberapa tips dari pengalaman saya (dari sudut pandang seorang blogger) untuk mengatasi stress dan beban pikiran yang sangat mengganggu aktivitas kita.

  • Curhat

Sudah menjadi kebiasaan kita, jika kita punya masalah, pasti kita curhat atau berbagi masalah kita dengan orang lain. Eiitss !! Tunggu dulu sobat !!
Kalian jangan asal menceritakan masalah kalian pada sembarang orang, yang nanti ujung-ujungnya justru akan memperburuk keadaan kalian. Berceritalah kepada orang yang kalian percaya, semisal orang tua kalian, sahabat kalian, guru kalian atau seorang psikolog yang sudah tahu masalah mental kejiwaan. Jangan sebar curhatan kalian di media sosial, hal ini justru menambah stress dan memperbanyak beban pikiran kalian. Di dunia media sosial tida semuanya mau mendengar curhatan kalian, yang ada malah kalian di bully. Kalaupun ada, mereka hanya modus.. hehehehee..

  • Positive Thinking dan Bersyukur

Yupss.. berpikir positif  dan bersyukur sangat dianjurkan agar kita terhindar dari stress. Stress terjadi karena kita kadang memikirkan hal-hal buruk yang mana belum tentu itu bisa terjadi. Tapi berpikir positif juga ada batasannya loh. Boleh terus berpikir positif asal kita selalu mengutamakan kewaspadaan dan kehati-hatian supaya kita bisa aware dengan hal-hal yang akan terjadi. Syukuri apa yang sudah kalian capai dan maksimalkan kemampuan kalian.

  • Cari Hiburan

Jika kalian mendapat sebuah hiburan, apakah kalian senang atau malah sedih ??
Pasti senang dan bahagia kan ?
Nahh.. carilah hiburan yang bisa membuat kalian bahagia. Lakukan apa yang kalian inginkan asal sesuai batasannya. Kalau saya sendiri, dengan menulis, nge-blog, dan berbagi hal-hal yang bermanfaat sudah bisa membuat saya bahagia. Nah.. bagaimana dengan kalian ??

  • Optimis dan Tetap Tersenyum

Yakin terhadap diri kalian, percaya diri, dan optimis adalah kunci sukses supaya jauh dari stress. Sugestikan kepada diri kalian bahwa kalian bisa. Dan tetap tersenyum agar menebarkan suasana yang nyaman di sekitar kalian. Bukan hanya kalian yang akan terbebas dari stress, sekitar kalian pun akan merasakan manfaatnya juga.

  • Berdo'a Kepada Tuhan

Jika kalian dengan 4 point yang saya jelaskan diatas tidak mengatasi dan membebaskan kalian dari stress. Saat nya kalian back to basic. Berdo'alah dan mintalah kepada Tuhan agar menyelesaikan masalah kalian. Ingat lah sobat, bahwa segala sesuatu terjadi karena kehendak Allah SWT. Jadi jika ada masalah yang membuat kalian stress, kembalilah kepada Allah SWT.
وَنَبْلُوكُمْ بِالشَّرِّ وَالْخَيْرِ فِتْنَةً وَإِلَيْنَا تُرْجَعُونَ

"Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya), dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan." (Qs Al-Anbiya' : 35)

Nahh.. point-point diatas mungkin bisa membantu kalian dalam mengelola stress dan hidup bebas tanpa beban pikiran.
Semoga bermanfaat.
Penulis : M.H Surya
Judul : Tips Hidup Bebas Stress Dan Tanpa Beban Pikiran (Blogger Point of View)
Note : Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa follow dan subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru.

You Might Also Like:

Note : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui dan komentar yang berisi SARA dan hinaan akan dihapus.
Buka Komentar