Skip to main content

Follow Us


Di artikel kali ini sebenarnya hanya sebuah pengalaman pribadi yang seharusnya tidak perlu untuk diceritakan. Tapi sebagai seorang insan yang baik, tidak ada salahnya saya sedikit membagi pengalaman suka dan duka menjadi seorang Blogger. Banyak sekali anggapan seorang Blogger itu hanya pengangguran yang kurang kerjaan dan buang-buang waktu. Dan tidak sedikit pula yang melihat seorang Blogger adalah sebuah pekerjaan yang santai, nyaman, bisa dikerjakan dimana saja dan punya banyak penghasilan.

Memang semua opini diatas tidak salah dan tidak juga benar. Banyak faktor-faktor yang melatarbelakangi opini atau pemikiran tersebut. Seperti contoh, jika kita berniat membuat sebuah blog hanya untuk menyebar hoax, fitnah dan agitasi, tentunya ini sangat tidak bermanfaat dan bertentangan dengan tujuan untuk apa diciptakan platform tulis menulis seperti ini, juga bahkan akan merugikan si Blogger yang menyebar konten-konten negatif tersebut.

Sebuah blog memang diciptakan sebagai sarana umum untuk menyalurkan bakat-bakat menulis dan berkreasi, dan tidak dipungkiri blog bisa diaskses oleh siapa saja dan dimana saja. Banyak diluar sana blogger-blogger sukses dengan memberikan konten yang bermanfaat dan bersifat gratis. Mereka memberikan tutorial, tips dan trik dan semua hal-hal yang kalian butuhkan. Dan itu mereka lakukan dengan free dan tidak meminta biaya sepeserpun dari kalian.

Saya sendiri sebenarnya sudah lama menjadi seorang Bloger, ya sekitar tahun 2008an, walaupun saat itu saya tidak memakai platform Blogger seperti saat ini. Dulu masih Wordpress dan Multiply (kalau tidak salah). Waktu itu saya masih duduk dikelas 2 SMK disalah satu SMK ternama di Yogyakarta.
Yupss.. SMK N 2 Yogyakarta atau sering disebut STM 1 Jetis / Stemsa / Princess Juliana School dan aneh nya saya ada di jurusan permesinan. Ya aneh... masak anak mesin mainan blog?? biasanya kan pegangnya mesin las dan hal-hal yang berbau tentang mesin industri. Tapi itulah saya..hehehehee...

Saya mulai mengenal blog saat masuk kedalam English Debating Team di sekolah saya. Blog itu saya gunakan untuk menyimpan materi-materi debat yang sudah kami susun bersama-sama satu team. (Sebenarnya bahaya sih..kan blog bisa diakses semua orang??). Tenang sobat.. Blog yang saya buat dulu bersifat privat dan hanya team kami yang bisa mengaksesnya. Blog tersebut juga saya isi dengan materi-materi pelajaran dan agenda-agenda kegiatan saya sehari (diary blog).

Setelah hampir 2 tahunan menjadi seorang newbloggist. Pada waktu saya diterima kerja disalah satu perusahan teknologi manufaktur, saat itu jug saya berhenti nge-blog untuk waktu yang cukup lama.
Walaupun masih sedikit-sedikit masih menjadi content writer amatir, setidaknya agar passion menulis saya tidak hilang begitu saja ditelan kesibukan bekerja didunia nyata.

Untuk saat ini saya mengurusi 6 blog aktif dan 1 website komersial yang cukup bisa dikatakan memberi tambahan uang jajan untuk anak saya, ya dulu-dulunya sih memang berat banget mengelola blog dan website seperti itu banyak dilema, pengorbanan dan hinaan. Tapi seiring waktu berjalan semuanya bisa diatasi dengan usaha dan doa. Man Jadda Wa Jadda deh pokoknya..

Dibawah ini ada beberapa foto jadul, mohon maaf gambarnya sedikit blur dan kurang jelas, karena pada waktu itu masih menggunakan handphone jadul juga.










Coba deh kalian cari dimana aku...
Penulis : M.H Surya
Judul : My Journey To Be A Blogger
Note : Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa follow dan subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru.

You Might Also Like:

Note : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui dan komentar yang berisi SARA dan hinaan akan dihapus.
Buka Komentar