Skip to main content

Follow Us


Gmail adalah media surat elektronik atau email yang merupakan salah satu produk dari Google. Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dari aplikasi ini dan sudah banyak user yang menggunakannya, mulai dari anak sekolah sampai profesional users terutama bagi mereka yang punya mobilitas tinggi dengan jumlah relasi yang banyak.

Setelah beberapa bulan lalu Google merilis fitur preview attachment di platform surat elektronik mereka, yaitu Gmail. Kini Google kembali merilis fitur terbaru lagi. Yupss.. bukan Google namanya kalo tidak mengeluarkan inovasi-inovasi terbaru bagi penggunanya. Google menghadirkan fitur "Undo Send" di platform Gmail mereka. Apa saja fungsi Undo Send tersebut?? Mari kita bahas secara detail.

Fitur Undo Send adalah keluaran dari Google Labs, yaitu sebuah produk google yang berkecimpung dalam Research and Development dari prduk-produk google itu sendiri. Undo Send pada awalnya adalah sebuah fitur opsional, dimana pengguna Gmail bebas menentukan untuk menggunakannya atau tidak. Fitur ini rilis dari Google Labs dan resmi digunakan oleh Gmail pada tahun 2015. Sudah cukup lama bukan??

Memang, fitur ini sudah lama rilis tapi hanya dalam versi lite/beta/test experience, jadi mungkin selama ini kita kurang memperhatikan saja fitur-fitur di dalam Gmail itu. Fitur ini sebenarnya sudah dipakai di perangkat IOS dan Android melalui aplikasi inbox. Namun Google menghadirkan fitur ini secara full version di Gmail Android secara resmi pada bulan Agustus ini mulai dari aplikasi Gmail versi 8.7. Saya sendiri juga kurang tahu kapan dan tanggal perilisannya, bisa awal atau pertengahan Agustus. Mungkin saja ini semacam easter egg kali yaa... hehehheee...

Update yang menghadirkan ftur Undo Send inipun hanya akan dilakukan pada bagian server. Jadi bisa saja pengguna tidak bisa merasakan perbedaannya dan mungkin membutuhkan proses restarting pada aplikasi Gmail Andorid versi 8.7 yang sudah terinstal di smartphone Android kalian.

Cara kerja fitur Undo Send ini adalah dengan mengimplementasikan rentang waktu antara pengiriman (send) email dan penerimaan (received) email, yang membuat pengirim email bisa membatalkan pengiriman tersebut dalam rentang waktu 10 detik.
Iya guys... hanya 10 detik saja!! Di platform email lain malahan tidak secanggih platform Gmail ini, bahkan bisa dibilang mustahil menarik atau membatalkan email yang sudah terkirim. But Google do better, (in this case, i mean Gmail). Untuk detail cara kerja dan penggunaannya silahkan lihat disini.

Sumber :
  • https://www.blog.google/products/gmail/gmail-and-google-calendar-get-a-whole-lot-better-on-ios/
  • The Verge
Penulis : M.H Surya
Judul : Fitur Baru "Undo Send" Di Gmail Android Sudah Hadir
Note : Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jangan lupa follow dan subscribe untuk mendapatkan update artikel terbaru.

You Might Also Like:

Note : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui dan komentar yang berisi SARA dan hinaan akan dihapus.
Buka Komentar